Tuesday, February 07, 2012

Go Green, Creative-thingy.

Pasca melewati semester 3, waktunya membereskan tumpukan kertas-kertas yang ada di meja. Ternyata hasilnya banyak sekali. Sayangnya, kertas bekas itu hanya terpakai di satu sisinya saja, sedangkan sisi  lainnya bersih dari coretan dan tulisan. Kalau dibuang berarti akan membutuhkan kertas baru lagi, dan kalau semua orang berpikiran seperti itu lalu bagaimana nasib bumi yang sekarang saja sudah banyak kekurangan pohon?! Jangan tambah beban bumi dengan cara membuang-buang kertas, karna satu lembar kertas bisa saja dibuat dari 1 batang potong. Sedihnya. Hal ini yang membuat satu ide kreatif muncul dalam benakku. "Kenapa tidak kubuat buku saja?!"

Pembuatan buku pun dimulai. Kertas yang berukuran sama ditumpuk menjadi satu. Ukuran F4 digabung dengan F4 dan ukuran A4 digabung dengan A4 sehingga akan lebih mudah. Ternyata kertas yang berukuran A4 sangat banyak, sedangkan kertas berukuran F4 hanya beberapa lembar. Akhirnya aku memutuskan untuk menjadikan buku untuk kertas yang berukuran A4 saja.

Sebagai sampul depan dan belakangnya, aku menggunakan map biru yang sudah tidak terpakai lalu diberi lakban dipinggirnya agar tidak mudah sobek. Selanjutnya tumpukan kertas-kertas tadi beserta sampulnya kubawa ke tukang fotocopy untuk dijilid spiral. Saat ditukang fotocopy aku memutuskan untuk membaginya secara melintang, sehingga bisa jadi 2 buku tulis super tebal hanya dengan Rp 10.000,- saja.


Bukunya setekah dijilid spiral (tampak sampul)

Bagian dalam bukunya, lihatkan; ada bekas laporan disana

Sedikit menghias sampulnya :p Buku yang satu lagi rencananya akan dipergunakan di semester 5 :)

Lihat, tebal bukan?!

Ayo jangan ragu dan jangan gengsi untuk menjadi orang yang mencintai lingkungan. Menyelamatkan alam dari Global Warming bisa dengan cara seru loh :'D

No comments: