Monday, July 25, 2011

Does My Head Look Big In This?

Sebenernya "Does My Head Look Big In This?" adalah sebuah judul buku yang berkisah tentang remaja berkebangsaan Australia keturunan Arab yang memutuskan untuk memakai jilbab ke sekolah yang muridnya mayoritas Nasrani.

Tapi, kali ini gua lagi ngga mau bahas soal buku. Gua hanya meminjam judulnya untuk postingan kali ini. Kalo dibilang lagi galau, ya gua galau. Kali ini gua galau soal penampilan. Entah kenapa banyak yang berubah semenjak gua pake jilbab. Ini mungkin banyak dialami oleh orang yang baru memutuskan untuk memakai jilbab saat mereka beranjak remaja, sama kaya yang gua alami sekarang ini.

Pendapat memakai jilbab juga gua rasa udah banyak berubah, ada orang pake jilbab yang serba panjang dan tertutup, ada yang pakai jilbab tapi memakai pakaian ketat yang memperlihatkan lekukan tubuhnya, ada juga yang memakai jilbab baru belajar, mungkin gua termasuk ke golongan yang terakhir gua sebutin tadi. Seringnya gua mendengar ibu-ibu menyeletuk "ih, kok pake jilbab tapi selangkangan kemana-mana" atau "pake jilbab kok kaosnya pendek banget, kalo nunduk pinggulnya keliatan" membuat gua sebisa mungkin menjaga jilbab gua supaya ngga terlihat asal-asalan, terpaksa, atau ngikutin temen, karena buat gua ini bukan sekedar menutup rambut lo dan mengganti pakaian berlengan pendek menjadi lengan panjang. Tapi, ini lebih ke soal agama. Ini ibadah. Gua ngga mau Islam dicap jelek dan asal-asalan. Gua pengen ini semua dari hati, dan gua tau itu ga mudah.

Terus terang gua lagi ngalamin hal-hal sulit itu. Hal dimana gua amat sangat kesulitan memilih baju kalo gua mau pergi. Kalo dulu sebelum memakai jilbab itu adalah hal termudah, sekarang setelah gua memutuskan untuk memakai jilbab spontan jadi hal tersulit. Kenapa gua bilang sulit? Karena udah ga bisa sebebas dulu, ditambah lagi sekarang gua makin gendut, paha gua gede banget, celana jeans gua banyak yang udah ngga muat lagi. Dan karena takut pinggul gua kemana-mana dan selangkangannya keliatan alhasil gua kemana-mana cuma pake kaos lengan panjang yang panjang bawahnya sampe sepaha atau selutut terus minjem celana jegging ukuran kakak gua biar ga ngetat, dan pastinya sama kerudung yang warnanya senada.

Selain itu memakai jilbab diantara temen-temen lo yang ngga juga ujian banget. Melihat tatapan mereka ke lo yang kayaknya heran. Terus juga mereka yang rada malu ngajak lo jalan karena pakaian yang lo pake lebih kaya ibu-ibu dibanding kaya temen main. Kadang ada rasa ngiri pengen memakai baju sebebas mereka lagi. Atau satu lagi, ga mungkin kan gua ikut temen-temen gua dugem meskipun gua pengen banget nyoba?!

Pacar, oh iya pacar. Pacar gua itu termasuk kritikus handal loh (buat gua). Kadang itu bikin gua ngga nyaman, tapi ya itulah pacar, dia bisa bilang hal terjelek soal lo tanpa takut lo sakit hati karena tujuan dia bukan buat ngejatohin lo, tapi justru bikin lo lebih baik. Gua tau mungkin berat jadi pacar gua. Dulu kan waktu PDKT gua terlihat bagus memakai baju apapun, dia juga sering muji penampilan gua. Tapi, sekarang gua (lagi-lagi) lebih terlihat kaya emak-emak daripada jadi pacarnya. Mungkin itu sebabnya sekarang dia jarang ngajak gua pergi bareng temennya. Dan ngga kaya dulu, sekarang dia jarang jarang jaraaaaangg banget bilang gua cantik.

Cari kerja, banyak loh perusahaan yang membuat persyaratan interviewnya : memakai kemeja lengan pendek dan rok sedengkul. Terus gimana sama yang pake jilbab? Jarang banget. Tapi Alhamdulillah sekarang banyak bank yang bertemakan "syariah". Walaupun belum waktunya juga gua nyari kerja, tapi hal ini jadi pikiran juga loh buat gua.

Di tengah-tengah kegundah-gulanaan hati gua ini, gua tau Allah SWT selalu mantau gua. Allah melihat sejauh mana keseriusan gua, dan Allah menguji niat gua memakai jilbab. Mungkin sekarang gua masih terlihat cupu, seperti ibu-ibu atau apalah, tapi gua percaya seiring berjalannya waktu gua bakal nemuin titik nyaman gua dalam berjilbab. Sekali lagi ini ibadah, niat gua hanya karna Allah, gua yakin Allah juga pasti bantuin gua nemuin titik kenyamanan itu. Amin O:)

sedikit kutipan curhat sama Iyung, temen yang juga punya pengalaman sama waktu dia baru pertama pake jilbab:


kata-kata Iyung yang memotivasi gua
makasih Iyung :')
*masalah dugem, seriously gua emang pengen nyoba :p tapi gua sadar kok, Allah pasti ngelindungin gua dari semua hal-hal negatif yang bakal menimpa gua kalo gua ikutan dunia malam kaya yang temen-temen gua baru jelajahin sekarang, makannya Allah punya rencana kaya gini buat gua, lagi-lagi, supaya gua terlindungi, bukan menjadi manusia yang kualitas ibadahnya menurun melainkan menjadi manusia yang lebih baik ;)

No comments: