Friday, July 15, 2011

My Lil' Surgery

Kejadiannya itu kemarin, operasi dijadwalkan pukul 9:30 pagi tapi karna dokternya dateng lebih awal jadinya gua disuruh dateng lebih cepet. Pas gua sampe gua langsung masuk ke ruangan poli gigi Dokter sama susternya langsung engeh tuh gua tegang, mereka ngajak becanda terus tapi gua emang dasarnya gabisa boong, kalo bete mukanya bete, kalo sedih mukanya sedih, dan kalo tegang ya muka tegang. Yang ada dipikiran gua tuh macem, mau merem tapi lampunya silau banget. Walaupun ini operasi kecil tapi tetep aja yak jiper liat peralatannya aja bikin ngeri.
Pertama-tama gua duduk dikursi dokter gigi, kursi ini gua rasa merupakan kursi yang paling ditakuti seluruh anak kecil nih, kalo ga tambel gig, sunti, cabut gigi, pokoknya kursi paling mengerikan deh, termasuk buat gua. Terus dokternya mencet tombol otomatis untuk ngatur posisi kursinya supaya dia enak operasinya. Ga lama dokternya nyuruh suster siapin suntikan (tapi doi ga bilang suntikan, doi bilang apa gitu pake bahasa kedokteran yang gua gatau). Saat itu posisi mulut gua udah mangap aja tuh, Terus sebelum si suster selesai nyiapin suntikan dan cairannya si dokter meriksa keadaan gigi gua pake cermin kecil khusus dokter gigi. Dokternya nanya mau kanan dulu apa kiri dulu, mau atas bawah atau satu-satu dulu. Gua yang udah ngeblank gatau deh mau jawab apa, akhirya gua bilang
"terserah dok, gimana yang terbaik aja"
"duuuh, tegang banget sih"
"takut dok, nanti dijait ya dok?"
"diobras, eh disulam, kamu maunya diapain hehehe"
Suster, dokter, sama kaka gua ketawa tapi gua ketawa ngenes -_-
"jadinya mau atas bawah sekalian apa engga nih"
"sekalian aja dok"
"wah pinter, bagus sekalian aja jadi sakitnya sekalian hehe"
Pertama gigi gua disuntik, jenis suntikan dan cara nyuntiknya juga beda. Lebih kaya suntikan buat ngecek golongan darah yang cetak cetek gitu loh. Cetekan pertama rasanya sakit kaya gusi lo ditusuk peniti atau jarum gitu, tapi karna fungsinya emang untuk bikin kebal jadi cetekan kedua ketiga dan seterusnya udah ga berasa. Abis itu disuruh kumur.
Setelah disuntik gigi gua dibor. Hmm mungkin karena yang dicabut ini adalah gigi graham jadi di bor untuk misahin sama gigi graham sebelahnya kali ya. Lagi-lagi disuruh kumur.
Abis itu dokter kaya masukin alat mirip obeng ke mulut gua, gua rasa sih buat nyungkil supaya agak terpisah dari gusinya.
Ga lama dokternya minta diambilin tang sama dokter. Deg, gua makin ketakutan. Susternya pegangin kedua pipi gua dari atas supaya kepala gua ga gerak saat dokter nyabut gigi gua pake tang. Kemudian dokternya baca bismillah, dalem hati gua berdoa sama Allah semoga lancar, gua pasrah, dan gua selalu inget kata nyokap waktu gua mau operasi usus buntu,
"Dek, dokter itu manusia biasa kaya kita, tapi kan dokter udah belajar, dan sekolahnya juga ga gampang. Percaya aja, insyaAllah lancar"
Setelah merasa agak canggung dokternya mengoyak-ngoyak gusi gua tanpa gua ngerasa sakit sedikitpun. Akhirnya suster nyucap Alhamdulillah. Dalem hati gua ngikut ngucap syukur, eits tapi masih ada satu gigi lagi.
Prosesnya pencabutan gigi graham atas kurang lebih sama kaya gigi bawah jadi gua gausah nerangin dari awal lagi hehe.
Selanjutnya dokter lagi-lagi nyuruh suster ngambilin alat yang gua ga ngerti karna pake bahasa kedokteran. Dan lo tau itu apa? Benang sama jarum yang bentuknya bukan seperti jarum biasa melainkan seperti tangannya bajak laut. Dan lo tau lagi? Dokternya ngejait dengan muka serius depan di depan mata gua. Walaupun gua ga ngeliat langsung gimana gusi gua dijait sama dokter tapi dari cara dia bilang "aduh, tipis nih gusinya" itu udah cukup bikin gua ngilu dan pengen semua ini cepet berakhir.
Padahal operasi gua itu cepet banget loh, ga sampe sejam, tapi rasanya lama dan karna gua tegang alhasil gua ngerasain pegel yang amat sangat dipipi kanan gua karna kepala gua kan dimiringin ke kanan.
Over all. gua berterimakasih banget sama Allah SWT karna semuanya berjalan lancar. Sisa 2 gigi lagi yang harus dicabut bulan depan. Oiya, minggu depan cabut jaitan sa,a kontrol bracket loh (fyi bracket gua copot 4 gara-gara gua makan kaya bar-bar -_-), bakal kaya apa ya rasanya hiiiii.
Nih ada sedikit foto-foto paska operasi, check this out:

2 buah gigi graham segar
sebagian peralatan yang belum diberesan suster setelah operasi
susternya nyuruh giginya dibawa pulang buat kenang-kenangan :p
sampe di rumah giginya gua cuci biar ga bau darah banget
ini dia jaitannya, yang warna item (karena benangnya warna hitam), untuk gigi atas gua gabisa motonya maaf yaa hehe

Sekian postingan gua tentang operasi, semoga bermanfaat, yang mau operasi jangan takut yaaaaa pasrahin aja sama Allah dan percaya sama dokternya, oiya, dan jangan lupa minum obat pra-operasinya :')

No comments: