Friday, July 15, 2011

My Transfer-track

Kenapa gua beri judul transfer-track? Karena sebenernya gua pengen artinya perpindahan jalur :p
Kadang suka terpintas dipikiran gua
"Kenapa gua ga dari dulu aja ya jadi anak IPA, toh ternyata IPA ga burul-buruk amat"
cuma terpintas loh, lebih dari itu gua sama sekali ga nyesel selama ini jadi anak IPS, karena itu tetep jadi kebanggan gua, pengalaman kurang-lebih 2 tahun jadi anak IPS resmi membuat hafalan gua sedikit lebih jago dari anak IPA di jurusan gua #ceilahgaya #sombong #plak

Ngomong-ngomong soal IPA, ternyata ada fakta-fakta menarik yang gua peroleh saat gua belajar Pengantar Biokimia (tentunya sejak gua masuk jurusan Perikanan ya). Simak 5 fakta menarik berikut ini :

#1
Pertanyaan: Mengapa darah itu merah?
Jawaban: Karena darah itu banyak mengandung Fe (Besi), kalian tahu sendiri kan kalau besi berkarat itu bewarna merah, itu adalah warna asli besi. Nah, itulah yang membuat warna darah menjadi merah.

#2
Pertanyaan: Mengapa ikan mati itu baunya amis?
Jawaban: Karena ikan merupakan saloah satu hewan yang jika dikonsumsi tidak disembelih terlebih dahulu. Kalian tahu kan bahwa hewan disembelih itu banyak mengeluarkan darah, hal itu membuat tubuh hewan yang disembelih kering sehingga dagingnya tidak berbau amis. Sedangkan ikan, ikan tidak perlu disembelih, bayangkan saja jika kalian ingin makan ikan teri tetapi harus disembelih terlebih dahulu. Bisa-bisa besok baru makan :p

#3
Pernyataan: Kalau sering sakit kepala jangan dibiasakan minum obat pusing. Obat pusing yang beredar secara bebas dipasaran itu kebanyakan hanya memutus signal rasa sakit bukan menyembuhkan sakitnya. Bahkan kalian akan merasa butuh membawa obat tersebut kemanapun karena berfikir obat ini menghilangkan sakit kepala kalian. Iya menghilangkan, tap hanya sesaat, jelas saja, wong yang dihilangkan alarm (signal)nya bukan sakitnya :p

#4
Pertanyaan: Apa bedanya mentega dan margarin?
Jawaban: Margarin terbuat dari lebak nabati, sekali lagi ya lemak nabati, yang diproses secara sintesis (sehingga harganya jauh lebih murah dibandingkan mentega) dan mengandung air juga garam, untuk itu sebaiknya jika sudah menggunakan mentega jangan memakai garam lagi. Memasak (menggoreng, menumis, memanggang) dengan menggunakan margarin pun tidak disarankan karena seperti yang diketahui bahwa margarin diproses secra sintesis, dan segala sesuatu yang sintesis itu lebih banyak buruknya). Sedangkan mentega berasal dari lemak susu sapi yang memberikan rasa gurih.

#5
Pernyataan: Usahakan melahirkan secara normal untuk memberikan ASI sejak dini kepada bayi. Beda dengan yang melahirkan sesar, selain butuh waktu lebih lama untuk pemulihannya, dalam tubuh sang ibu mash terdapat obat bius paska operasi sehingga harus menunggu hingga netral barulah ASI dapat diberikan pada sang bayi. Gunanya pemberian ASI sejak dini adalah untuk memberikan imunoglobin kepada sang bayi sebelum ususnya mencerna sempurna.Dan perlu diingat imunoglobin itu tidak berguna bila diberikan dari susu kaleng yang harganya mahal, karena saat diberikan susu kaleng usus bayi sudah mencerna sempurna (dalam kata lain, sudah telat pemberian imunoglobinnya).

Semoga ingatan gua masih bagus, soalnya ini kata-kata berdasarkan apa yang dikatakan oleh dosen Pengantar Biokimial. Lebih kurangnya maaf yaaa, kalo ada yang salah dikomen aja okeh, peace 0.<

No comments: